25/04/09

Merawat Tas Wanita

Beragam jenis tas koleksi anda tentu harus dirawat agar tahan lama,awet cantik, dan selalu tampak baru. Berikan perawatan sesuai jenis bahan Tas anda.

1. TAS KULIT

Kulit adalah bahan paling lentur, awet dan berkualitas untuk dijadikan tas. Tas kulit asli harus rutin dirawat. Caranya : semir tas kulit (pilih semir warna netral) setiap 3-4 bulan sekali,gunakan sikat berbulu halus. Mulailah menyemir dari bagian bawah tas untuk memastikan semir tak merusak warna tas lalu sikat perlahan ke arah tas sesuai tekstur kulit.

2. TAS SUADE

Merawat tas suade yang lembut dari kulit kambing yang dianyam, bisa cukup dengan menyikatnya untuk menghindari bahan suade jadi mengeras dan tampak kusam. Tas suade jangan disimpan ditempat yang lembab agar tekstur kulitnya tak rusak. Untuk membersihkan bagian dalam, gunakan penyedot debu kecil untuk menjangkau debu dibagian tersembunyi. Lalu bungkus tas dengan kertas tisu bebas asam dan masukan kedalam kotak dengan posisi rebah. sesekali diangin-anginkan agar tak cepat berjamur.

3. TAS KAIN

Tas kain dengan manik-manik,bebatuan,atau ornamen biasanya lebih sukar dibersihkan apalagi bila terkena noda. Jangan bersihkan tas kain ini sendiri karena kuatir bisa merusak warna dan ornamennya. Simpan tas dalam kantong khusus yang diberikan saat awal membelinya. Untuk menjaga bentuknya,isi tas dengan serpihan kertas atau tisu. Simpan pada posisi berdiri atau digantung bersama wadahnya.

4. TAS PLASTIK

Siapkan air yang ditetesi air sabun. Boleh memilih sabun apa saja yang biasa digunakan untuk keperluan rumah tangga dan bermutu baik. Seka permukaan tas dengan kain lap yang dibasahi air larutan sabun tadi lalu bersihkan sisa sabun dengan lap kering. Angin-anginkan tas sampai kering dan agar tas tetap mengkilap semprotkan silicone wax yang bisa dibeli di toko sepatu olah raga.

5. TAS ANYAMAN JERAMI

Untuk membersihkan debu di sela-sela anyaman jerami gunakan penyedot debu kecil ( yang biasa untuk membersihkan sofa ). Agar tetap tampak mengkilap bisa menggunakan cairan pembersih sepatu kets. Caranya, gunakan lap bersih untuk mengulasnya,lalu keringkan dengan cara digantung ditempat teduh. Hindari menjemur tas jerami di bawah sinar matahari langsung karena bisa mengerut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar