28/04/09

MENCEGAH KERINGAT BERLEBIH

Ada 2 alasan utama seseorang berkeringat,yaitu physical sweat dan emotional sweat.
Physical sweat adalah keringat yang muncul karena panas disebabkan suhu atau kegiatan fisik.
Sedangkan Emotional sweat adalah keringat yang muncul karena perubahan tingkat adrenalin pada saat seorang tertekan,gugup,atau cemas meskipun suhu dingin. Sebenarnya keringat merupakan respon normal untuk keseimbangan temperatur tubuh.

Manusia memiliki 2-4juta kelenjar keringat yang pada suhu normal menghasilkan 2-20 nanoliter keringat permenit. Bila suhu diluar tubuh sangat tinggi,pembuluh darah melebar sehingga produksi keringat berlebih. Jika terjadi pada area tertentu disebut hiperhidrosis primer. Jika diseluruh tubuh disebut hiperhidrosis idiopatik generalisata. keringat berlebih yang terjadi karena berbagai kondisi disebut hiperhidrosis sekunder generalisata.

Keringat berlebih umumnya terjadi pada pria karena pria memiliki lebih banyak kelenjar keringat aktif. Jika terserang keringat berlebih tak usah kuatir banyak cara untuk mengatasinya antara lain:
A. Bedak
Bedak bisa membantu menyerap keringat,melawan bau badan,dan membuat kulit nyaman. gunakan bedak yang mengandung antiseptik untuk membunuh kuman.orang yang alergi mentol sebaiknya tidak menggunakan bedak yang mengandung menthol.

B. Deodoran
tTerdapat banyak jenis deodoran dari model semprot sampai roll on

C. Botox
Botox berfungsi melumpuhkan kelenjar keringat dengan suntikan.

D. Obat
Obat berfungsi mengurangi produksi keringat di seluruh tubuh padahal bisa jadi yang dibutuhkan hanya untuk bagian ketiak jadi sebenarnya pemakaian obat tidak dianjurkan.

E. Operasi
operasi dilakukan untuk mengangkat kelenjar keringat agar produksi keringat tidak berlebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar