28/04/09

HATI - HATI DENGAN KANKER SERVIKS

Banyak wanita terkena kanker serviks dan baru ketahuan setelah parah,perlu vaksinasi segera. Kanker serviks termasuk jenis kanker yang menyerang banyak wanita,menurut data kanker ini merupakan pembunuh utama wanita,disusul oleh kanker payudara. Satu dari dua wanita di dunia meninggal akibat penyakit ini setiap hari. Sedangkan di Indonesia ditenggarai satu dari 20 wanita meninggal akibat kanker serviks setiap hari.

Gejala kanker serviks ini tak segera tampak, kanker ini membutuhkan waktu 10 - 15 tahun untuk menunjukkan tanda - tanda pada penderita. Penderita umumnya mengetahui setelah kankernya parah,jika ini terjadi pengobatannya sulit. Menurut profesor Farid aziz,ahli penyakit kandungan dan kebidanan pada fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sebanyak 70% wanita datang terlambat.

Kanker serviks disebabkan oleh infeksi virus human papiloma (HPV) tipe 16&18 adalah varian HPV yang menguasai 71% penyebab utama kanker serviks. Virus itu tumbuh pada organ kelamin wanita. Karena kurang bersih memelihara kesehatan,virus tersebut masuk ke leher rahim,ia berkembang kemudian menimbulkan kanker.

Karena itu wanita perlu waspada terhadap kanker serviks,bila belum terkena segeralah menjalani vaksinasi. Di Indonesia telah tersedia 2merk,pasien tinggal memilih mana yang lebih murah.

Beberapa gejala kanker serviks
1. Pendarahan tidak normal dari liang sanggama
2. Keputihan bercampur darah dan berbau
3. Nyeri panggul atau bahkan tidak bisa buang air kecil

Semoga info ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar