14/04/09

10 CARA MENGGALI INOVASI DIRI

Anda tak ingin dinilai sebagai pegawai yang malas dan tak berkembang dikantor,bukan?
Ikuti 10 tips ini agar anda selalu bisa menghasilkan hal baru ditempat keja.

1. TAHU APA YANG MEMBUAT GAIRAH

Anda bisa mencapainya dengan menciptakan misi,pedoman atau hal penting. Misi yang telah dipertimbangkan dengan matang akan memberikan cahaya pada langkah anda, membantu memutuskan kapan harus brkata iya dan kapan harus berkata tidak. Proses ini penting bagi orang kreatif,terutama yang dilimpahi ide-ide.

2. TEMUKAN IDE

Berapa ide-ide luar biasa terhenti sampai akhirnya anda lupa dan apa saja ide-ide itu? Dengan menciptakan sistem untuk menangkap ide tadi, bisa membantu anda menyadari jika anda punya banyak pemikiran kreatif yang mengagumkan.


3. RAPIKAN PIKIRAN


Diantara ide-ide luar biasa yang tersebar dikepala anda,ada pikiran-pikira yang tak terencana. Buat daftar dari pengembangan ide-ide baru dan dokumentasikanimpian, cara ini sangat baik dilakukan di pagi hari saat bangun tidur dan malam hari ketika akan tidur.

4. NIKMATI RITUAL KREATIF

Dengan menikmati semangat kreatif ini bisa membuat anda tetap segar dan mengeluarkan inovasi. Tujuannya untuk memberi inspirasi untuk melakukan hal baru dan berbeda yang bisa mengisi kembali kreativitas dan menstimulasi imajinasi anda.

5. SISIHKAN WAKTU UNTUK REFLEKSI & INSTROPEKSI

Sisihkan waktu untuk merenung,perilaku atau pikiran apa yang menghambat berkembangnya kreativitas anda? Kreativitas merupakan pekerjaan luar dalam. Menyembuhkan diri anda dari hambatan-hambatan tadi merupakan langkah menuju arah yang tepat.

6. BERSYUKUR

Bersyukur merupakan bagian "terbesar" dari kreativitas. Jika anda mengungkapkan rsa syukur dan terima kasih pada hal-hal sederhana, anda akan diberkahi sejumlah ide-ide baru.

7. MENGHARGAI

Bersamaan dengan rasa terima kasih dan bersyukur ada penghargaan yaitu menghargai dari usaha orang lain.

8. CIPTAKAN KOMUNITAS

Dengan menciptakan komunitas anda bisa berbagi minat yang sama yang bisa membuat anda bergairah dalam menyongsong hidup ini. Komunitas dapat anda jumpai di Internet.

9. ABAIKAN SUARA NEGATIF

Jangan pedulikan suara-suara negatif dikepala anda yang mengatakan, anda tak mampu, tak bisa berubah atau menjadi kreatif bukan untuk anda tapi untuk orang lain. Sadari suara-suara tadi hanyalah ilusi dalam pikiran yang menghambat anda berkembang menjadi lebih baik.

10. RAYAKAN KEMENGAN KECIL

Kreativitas tak selalu harus muncul dari hal besar atau skala besar Tindakan berarti bagi seorang,bisa merupakan kemenangan luar biasa bagi orang lain.

Jika anda mencoba paling tidak satu diantara tips diatas yakinlah anda pasti bisa meraih kemenangan kecil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar