14/04/09

KIAT ATASI "POLITIK" KANTOR

Jangan panik bila anda merasa berada dalam situasi yang terkadang tak nyaman ditempat kerja. Agar aman ketahui "politik" seperti apa yang terjadi dikantor dan berikut ini beberapa tips yang bisa membantu anda agar bisa bertahan dan terus maju didalam suasana kantor yang penuh intrik:


# CARI PENASEHAT


Penasehat ini bisa orang yang berasal dari dalam kantor maupun luar kantor, Seorang penasehat dapat memberikan saran dan nasehatnya yang berguna untuk anda dalam mendapatkan dukungan profesional yang obyektif.

# ORANG BERPRESTASI

Perhatikan siapa yang paling berprestasi baik diperusahaan anda, perhatikan
juga pemakain bahasa yang mereka gunakan, nada suaranya, tingkat percaya diri
dan kesiapannya. Belajarlah dari prilaku mereka dan tirukan

# JANGAN MENGELUH

Jika ada rekan kerja anda mendengar keluhan anda bisa sewaktu-waktu menjadi
alat untuk menjelekan-jelekan anda dan jangan bergosip dalam pembicaraan yang licik

# PELAJARI BUDAYA PERUSAHAAN

Apa visi dan misi perusahaan anda? bagaimana visi dan misi ini tercermin ditempat kerja, serta dalam memperlakukan pegawainya.

# BENTUK STRATEGI KERJASAMA

Jadikanlah diri anda "berarti" bagi mereka yang memiliki kekuasaan dan kedudukan. Jangan sungkan-sungkan menawarkan bantuan sehingga jika suatu saat anda membutuhkan bantuan tak akan kuatir, karena anda telah membentuk jaringan pendukung.

# BERPIKIR SEBELUM BICARA & BERTINDAK

Pernyataan atau sikap impulsif yang tidak dipikirkan lebih dahulu dapat merusak karir. Diam adalah emas, terutama jika anda sedang marah,lelah, atau menghadiri acara sosial yang disponsori perusahaan tempat anda bekerja.

# HATI-HATI MENGIRIM E-MAIL

Teliti bahasa yang anda gunakan dan kepada siapa e-mail itu ditujukan. isi e-mail sebaiknya langsung kepokok masalah tidak bertele-tele dan tindak lanjuti sampai tuntas.

# MINTA DUKUNGAN PIHAK KEDUA

Ini berguna untuk anda agar atasan anda bisa puas dengan hasil kerja anda.

# SENSE OF HUMOR

Jika anda mudah menyesuakan diri dan bisa dengan luwes menyelipkan lelucon di dalam pembicaraan,anda akan disenangi dan selalu dicari.

Semoga ini juga berguna untuk anda dalam menghadapi rutinitas di tempat anda bekerja
salam dari saya untuk orang-orang yang anda sayangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar