14/04/09

5 Cara Mempertahankan diri dipekerjaan

Ini merupakan cara agar anda lebih bernilai dimata Perusahaan :

1.INVESTASI DIRI

Sudah saatnya anda mengasah kecakapan dengan pengalaman dan pendidikan tambahan,sadari apa yang hilang dari resume anda. Apa yang membuat anda berharga bagi perusahaan,ikuti kursus untuk meningkatkan keahlian anda atau lakukan proyek yang bisa anda ikuti secara sukarela. Jangan sepelekan setiap kesempatan yang ada disekitar. Ini saat yang tepat untuk ibaratnya "Membelanjakan uang" demi suatu yang bermanfaat

2. BUAT DIRI DIBUTUHKAN

Coba tanyakan pada atasan anda,apakah anda dapat membantu perusahaan yang sedang menghadapi masa sulit. Biarkan mereka tahu anda bisa diandalkan dan selalu siap sedia jika perusahaan membutuhkan. Pastikan anda mampu dan siap memberikan segala daya upaya untuk membuat perusahaan lebih maju.

3. TEMUKAN KEAHLIAN UNIK

Gali dan cari tahu tentang kelebihan anda,Komunikasikan! dan buat anda melesat dalam karir! Anda bisa mengamati orang lain dan diri anda sendiri dalam menyelesaikan pekerjaan, menemukan solusi,maupun berkompromi dengan sejumlah klien.

4. PROAKTIF & KEMBANGKAN JARINGAN

Perluas jaringan mulai sekarang! Bangun aliansi yang sesuai dengan bidang pekerjaan anda sebab jaringan ini juga sangat membantu jika suatu ketika anda diberhentikan dari perusahaan, karena memiliki jaringan masih merupakan cara terbaik untuk mendapatkan pekerjaan baru.

5. BERSIAP UNTUK SKENARIO TERBURUK

Selain memulai upaya untuk kepentingan perusahaan,anda juga mengembangkan kesiapan untuk hal-hal terburuk,bukan untuk menanamkan pikiran negatif tetapi untuk antisipasi dalam mengambil keputusan yang lebih strategis. Ada 2 cara yang bisa dilakukan ; pertama, anda bisa membangun jaringan dimana-mana misalnya menjadi anggota dari perkumpulan keahlian tertentu,hoby,perkumpulan agama,bahkan berdiskusi dengan rekan-rekan komunitas online. Kedua, Anda bisa membuat rencana cadangan. Misalnya rencanakan apakah keuangan anda mampu menjamin kelangsungan hidup jika diberhentikan dari pekerjaan, Caranya dengan menyimpan uang ekstra kedalam rekening tabungan, memotong beberapa pengeluaran dan mencari cara agar anda bisa memiliki emergency fund untuk masa sulit.

Demikianlah beberapa cara mempertahankan diri Anda dari massa yang sulit ini, semoga ini bermanfaat untuk rekan-rekan semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar