21/05/09

"TROLLEY" SUMBER BAKTERI TERBESAR

Sering kita harus bersentuhan dengan barang-barang milik umum yang juga disentuh mungkin oleh ribuan bahkan puluhan ribu orang. Alhasil tak terhitung pula beragam bakteri yang menempel pada barang tersebut.

Dengan menyentuh dan memegang barang-barang tersebut berarti tidak terhitung bakteri yang menempel pada tangan kita. Bayangkan saja bila setelah menyentuh barang-barang tersebut kita tidak segera cuci tangan dengan sabun,maka bakteri yang menempel di tangan kita akan berkembang. Apabila setelah itu kita makan sesuatu yang kita pegang dengan tangan,bakteri pun akan menyebar ke seluruh tubuh.

Belum lama ini sebuah penelitian yang dilakukan oleh lembaga Consumer Protection Board di Korea mengenai peyebaran bakteri melalui benda-benda yang ada ditempat umum menunjukkan hasil bahwa dari satu gagang trolley saja,ditemukan bakteri sebanyak 1100 koloni tiap 1,55 inci persegi. Dengan jumlah tersebut,gagang trolley menjadi barang umum yang paling banyak menyimpan kuman. Peringkat kedua diduduki oleh Mouse komputer. Pada mouse koputer umum,misalnya warnet,diketemukan 690 koloni bakteri. Peringkat ketiga diduduki oleh hand straps atau pegangan tangan yang biasa ada di langit-langit bus yang dihuni sekitar 380 koloni bakteri. Berikutnya adalah gagang pintu toilet umum dengan kisaran 340 koloni bakteri. sedangkan posisi juru kunci adalah tombol lift yakni sebanyak 130 koloni bakteri.

Gagang Trolley menduduki peringkat pertema karena selain areanya lebih lebar sehingga banyak bakteri yang bisa berkembang. barang ini juga digunakan oleh lebih banyak orang. Jadi biasakan mencuci tangan sesering mungkin. Bila memungkinkan rendamlah tangan dengan menggunakan antiseptik selama sekitar 30 detik. Lindungi privasi kesehatan anda dari jamahan bakteri lingkungan publik.


dikutip dari :majalah harmoni (HD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar