21/05/09

"TABUNGAN DAN ASURANSI" SOLUSI UNTUK BIAYA KULIAH ANAK KITA NANTI

Diperkirakan 20thn mendatang biya kuliah bisa mencapai angka ratusan juta rupiah. Siapkah keuangan anda? Apa saja yang harus dipersiapkan dalam memilih investasi yang tepat bagi biaya pendidikan anak anda nanti? Mana yang lebih baik,dalam bentuk tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan?

Untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik untuk anak kita tentu tak sedikit nominal yang harus anda persiapkan dari sekarang. Tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan memang mirip.

Tabungan Pendidikan adalah tabungan plus asuransi biasanya siselenggarakan di Bank sehingga dapat lebih mudah dalam pengurusannya jika sudah terbiasa berhubungan dengan bank,biasanya transaksinya juga lebih sederhana. Satu rekening tabungan pendidikan biasanya hanya untuk satu orang dengan satu jenjang pendidikan,sehingga perlu membuat beberapa rekening untuk setiap jenjang pendidikan anak. Asuransinya juga biasanya lebih sederhana hanya untuk resiko kematian dan hanya mengganti cicilan tabungan saja.

Asuransi pendidikan adalah asuransi plus tabungan dan pada dasarnya adalah program asuransi, maka memiliki fitur asuransi yang lebih luas dan lebih besar. Jika orang tua meninggal dunia ,maka keluarga yang ditinggalkan selain mendapatkan dana pendidikan yang sudah dijanjikan juga memperoleh santunan kematian. Itulah kenapa asuransi pendidikan memiliki premi yang lebih mahal. Satu polis asuransi bisa untuk satu anak dengan beberapa jenjang pendidikan sekaligus mulai dari SD sampai kuliah atau bisa diatur untuk kuliah saja yang memang membutuhkan dana yang jauh lebih besar. Asuransi juga lebih banyak dijual oleh agen sehingga bisa diurus ke rumah oleh agen.

#Faktor - Faktor Pertimbangan

1. Pertimbangkan jadwal pendidikan anak,secara akurat orang tua harus aware terhadap tiap jenjang pendidikan anaknya. Mengetahui dengan pasti kapan waktunya.

2. Pertimbangkan pula sekolah yang difavoritkan atau dipilih bagi anak. Ini berkaitan dengan besarnya biaya pendidikan yang diperlukan dan harus dipenuhi jika ingin bersekolah ditempat tersebut.

3. Mengenai jenis investasi yang dipilh. Ingat semakin besar hasil tentunya semakin kecil cicilan tabungannya,tapi akan lebih besar lagi resikonya dan begitu sebaliknya.

Setelah itu baru anda memutuskan apakah tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan. salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar