17/05/09

"THE DREAM TEAM" KETIKA ANDA HARUS JADI PEMIMPIN

Bekerja dengan banyak orang dalam sebuah tim,bukan pekerjaan mudah. Untuk itu banyak hal yang harus anda lakukan,misalnya; saling mengetahui kelebihan dan kelemahan teman anda. Guna menjaga kelangsungan hidup tim tersebut tentunya sangat dibutuhkan sekali pemimpin yang baik,tapi bagaimana jika anggota tim yang lain memilih anda menjadi pemimpin? Ingat menghasilkan sebuah keputusan yang baik tak selalu bisa dihasilkan oleh satu kepala. Berikut ini beberapa langkah yang harus anda lakukan :

1.SALING KENAL
Mengenal watak dan sifat teman-teman anda yang ada dalam satu tim sangat penting sebab bagaimana mungkin mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki anggota jika anda tidak mengetahuinya. Selain itu memimpin bukan sekedar memerintah tapi juga memberikan motivasi,perintah,hingga contoh baik yang harus dilakukan oleh anak buah kita.

2.MENIRU
Mengikuti jejak orang sukses tak ada salahnya anda lakukan. Namun anda jangan terlena dengan meniru kisah sukses dari "kulitnya" saja. Ingat sukses tidak bisa diperoleh sekejap,jadi ikutilah orang-orang sukses tadi pada subtansinya.

3.BELAJAR
Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik,jangan pernah malas belajar. Lakukanlah proses belajar di mana saja anda berada. Bahkan kalau perlu ikut program refresher agar otak anda lebih muda dan selalu dinamis dalam menghadapi perubahan. Biasanya yang begini ini memang lumayan susah, terutama saat memulainya. Tapi mau tidak mau anda harus melakukannya.

4.ANUGERAH
Seandainya pekerjaan itu anda anggap suatu anugerah semua akan berjalan lancar. Untuk menyingkapinya anda harus serius dengan penuh dedikasi dan kecermatan tinggi dalam menghadapi pekerjaan. Tapi ingat keseriusan ini bukan berarti kita menjadi tegang dan gampang panik. Seyogyanya anda tetap santai dengan membuka diri untuk selalu maju.

5.PARTNER
Tak ada salahnya anda bersikap sebagai partner dengan anak buah anda. Ingat meski tim yang baik butuh pemimpin yang baik,tim tetap yang terbaik ,bukan satu individu saja. Jadi tidak ada salahnya memperlakukan anak buah sebagai partner yang memang saling membutuhkan.

6.BONGKAR PASANG
Sebagai pimpinan anda tidak takut untuk bongkar pasang tim anda agar kesolidan dalam tim tetap terjaga. Bukan cuma itu pemimpin juga harus pandai menginformasikan kepada masing-masing anggota tim untuk saling mengeri kelemahan dan kekuatan yang dimiliki,bagaimana harus bertindak dan apa saja tanggung jawabnya.

Selamat bekerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar