17/05/09

SEKELUMIT TENTANG SISTEM PEMBAKARAN MOBIL

Agar mesin mobil bisa hidup setidaknya ada tiga bagian utama yang mempengaruhinya yaitu: -Sistem Pengapian
-Sistem Kompresi
-Sistem Bahan bakar
* Sistem Pengapian harus melalui proses dari aki,fuse (sekering),kunci kontak,koil,distributor,platina/CDI,kabel busi dan busi itu sendiri.
* Sistem Kompresi terdapat beberapa bagian yang melibatkan pengompresian itu,diantaranya :blok silender,kepala silender,piston,dan mekanisme katup.

*Sistem yang terakhir ini punya sumbangsih yang tak kalah penting. Dan Pembahasan kali ini lebih menekankan pada sistem bahan bakar,dimulai dari tangki bahan bakar (feul tank),saringan kasar (feul screen),saringan bahan bakar (feul filter),pompa bahan bakar (feul pump),karburator atau Electronic injection.

1. Tangki Bahan Bakar
Secara umum,tangki bahan bakar dapat dikatakan sebagai cadangan bahan bakar mobil. Sebetulnya tangki bahan bakar boleh dibilang jarang mengalami kerusakan,akan tetapi bila mobil tidak dijalankan toh bahan bakar cepat habis,bisa dipastikan terdapat kebocoran pada tangki mobil. Kebocoran itu bisa jadi sebab karatan. Setitik karat dapat membuat lubang dalam beberapa tahun.

2. Saringan
Ada 2 saringan dalam sistem bahan bakar :
- pertama terdapat dalam tangki bahan bakar,bentuknya lebih kasar mirip kawat
nyamuk,komponen ini biasanya jarang diganti sebab tidak cepat rusak memang
perawatannya cukup dibersihkan paling cepat setahun sekali.
-kedua saringan bahan bakar "Ada 2 jenis untuk saringan ini yaitu: Mangkuk
kaca dan saringan jenis patrum". Untuk jenis mangkuk kaca sangat
mudah mendeteksi bila bahan bakar tersumbat. Caranya? jika mangkuk
kaca terisi penuh dengan bahan bakar tetapi ruang pelampung dari
karburator dalam keadaan kosong besar kamungkinan saringan bahan
bakar itu tersumbat. Bersihkan saringan mangkuk kaca itu atau bila
perlu gantilah sesuai petunjuk servis.
Untuk saringan jenis patrum,jenis ini tidak dapat dibersihkan,oleh karena
itu sebaiknya diganti secara berkala sesuai petunjuk buku servis.

3. Pompa Bahan Bakar
Komponen yang satu ini ibarat jantung. Pompa bahan bakar berfungsi untuk menarik bahan bakar dari tangki dan mengirimkan ke karburator/sistem injeksi. Mobil lebih tua menggunakan pompa bahan bakar mekanis yang dioperasikan oleh poros mesin. Mobil lebih baru menggunakan pompa elektronik atau elektro mekanis. Pompa elektromekanis menggunakan listrik untuk mengerahkan diagframa pengisapan mekanis.

4. Karburator/Sistem injeksi
Sebagian besar mobil yang dibuat sejak 1986 menggunakan injeksi bahan bakar ketimbang karburator. Beberapa mobil bahkan menggunakannya sebelum tahun itu. Ada beberapa nama untuk sistem injeksi. Toyota menggunakan nama EFI (Engine Fuel Injection),Suzuki memakai nama EPI ( Engine Petrolium Injection),dan Opel menerapkan nama MPFI (Multi Port Fuel Injection). Perbedaannya dengan karburator hanyalah pada pengontrolan. Sistem injeksi digerakan secara elektronik dan karburator digerakan secara mekanis. Campuran bahan bakar dengan udara didistribusikan oleh pipa masuk ke silinder.
Sistem Injeksi dikendalikan oleh Engine Control Module (ECM),jika ECM rusak masalah mulai muncul dalam komponen yang dikendalikannya,termasuk sistem injeksi bahan bakar. Nah kalau ECM yang rusak mintalah montir untuk memeriksanya dan menggantinya sebagaimana dibutuhkan.

Bila komponen yang mempengaruhi sistem bahan bakardirawat teratur harusnya tak perlu lagi gusar karenabahanbakar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar